Waspada dengan Anti Virus Palsu

Anda terima email dari UPS ( United Parcel Service) dengan attachment “UPS_letter.zip” ? Jangan dibuka dan segera hapus saja email tersebut !

File UPS_letter.zip jika dibuka berisi file virus dengan nama “UPS_letter.doc.exe” dan jika dijalankan, maka berikut tahapan yang dijalankan virus ini di komputer Anda :
  1. Muncul pesan palsu ( serupa pesan Windows) bahwa komputer terkena spyware
  2. Memaksa untuk buka link tertentu
  3. Link terbuka, otomatis mengunduh file antispyware palsu dan melakukan installasi
  4. Nama Antispyware palsu ini “XP Antisypware 2009”
  5. Antispyware palsu ini terinstall di C:\Program Files
  6. Muncul sebagai Shortcut di Start Menu dan Desktop
  7. Tampil icon di Taskbar
  8. Terdaftar sebagai program yang sudah diinstall di Add Remove Program
Dikarenakan kemiripan prosedur setelah installasi sudah dilakukan dan tampilan yang meyakinkan, maka bisa saja pengguna yang tidak memperhatikan, bisa saja tertipu dengan antispyware palsu ini.

Bukan hanya itu saja, antispyware ini berjalan seperti layaknya antispyware lain yaitu melakukan scanning dan memberikan informasi bahwa terdapat spyware, dimana bedanya tindakan XP Antispyware 2009 ini palsu belaka.

Tahapan berikut yang perlu diperhatikan adalah setelah XP Antispyware 2009 ini memberikan pesan palsu bahwa komputer Anda terkena spyware, maka Anda diminta untuk register program Antispyware ini.

Tampilan register program ini sudah jadi lampu merah buat Anda, karena jika dilanjutkan, kerugian material dan waktu sudah ada di hadapan Anda.

Jika register dilakukan, akan diarahkan ke situs http://www.xp-antispyware2009.com/buy.html untuk membayar dengan nominal cukup besar dan menggunakan kartu kredit. Jangan main-main dengan situs ini, karena situs ini benar-benar bisa mendebet kartu kredit Anda tanpa ampun.

Kenapa tanpa ampun ? Ya bukan hanya saja nominal yang didebet melebihi dari yang disebutkan di situsnya, tapi nomor kartu kredit tersebut akan disebar ke pihak yang menyalagunakan kartu kredit.

Jika Anda sudah terlanjur basah memasukkan nomor kartu kreditnya, jangan tunggu lagi, secepatnya telpon ke bank penerbit untuk blokir kartu kredit dan mengganti dengan kartu baru.

Penyebaran virus ini selain melalui email, juga melalui flashdisk, disket dan chat via IRC.

0 komentar:

Posting Komentar