Keindahan pantai delegan gresik

Kabupaten Gresik dikenal dengan sebutan kota santri yang berlatar belakang kebudayaan Islam, dan adapula yang menyebut kabupaten Gresik disebut dengan kota Industri karena keunggulan dari semen Gresiknya. Selain dikenal dengan kota Santri dan kota Industri, kabupaten Gresik juga dapat dijadikan alternative untuk sekedar berjalan – jalan meninggalkan rutinitas sementara yang melelahkan, yah, berkunjung saja di Pantai Delegan yang berjarak 43 km sebelah Utara dari kabupaten Gresik. Pantai Delegan ini terletak di wilayah Desa Delegan, Kecamatan Panceng.
Pantai Delegan memiliki pasir yang sangat putih yang memiliki sejuta pesona di sepanjang pesisir wilayahnya. Selain berpanorama indah, Pantai Delegan juga masih relative bersih. Kedalaman pantai Delegan pun juga tidak terlalu dalam dan tidak terlalu dangkal. Disamping itu, pantai Delegan juga menyediakan aneka macam ikan dan beberapa kerang hijau yang dapat dibeli oleh wisatawan seharga Rp. 140.000 / kg.
Untuk masuk ke kawasan pantai Delegan ini, tidak terlalu mahal tiket masuknya. Untuk kendaraan bermotor Rp. 1000 dan untuk kendaraan mobil Rp. 3000. Di sepanjang pantai Delegan ini banyak dijumpai warung makan, persewaan perahu, persewaan ban, kamar mandi dan tempat pelelangan ikan. Disamping itu, bentangan layar perahu nelayan yang bewarna – warni hilir mudik ikut mewarnai keindahan pantai Delegan ini.

Untuk menghindari kejenuhan, pantai Delegan juga menyediakan arena kegiatan memancing yang khusus ditujukan untuk para wiatawan yang menyukai hobi memancing. Tetapi sayangnya, keindahan pantai Delegan ini kurang terkenal oleh warga Gresik sendiri. Jika ditanya kenapa, penyebabnya belum diketahui secara pasti. Padahal secara umum pantai ini masih perawan yang belum tersentuh tangan – tangan pengusaha pariwisata. Keindahan pantai Delegan ini justru banyak diketahui oleh masyarakat luar daerah Gresik.
Untuk menanggulangi hal itu, diperlukan usaha untuk memperkenalkan pantai Delegan khususnya kepada masyarakat Gresik sendiri, supaya masyarakat Gresik mengetahui, bahwa di daerah mereka, mempunyai tempat wisata yang memiliki pesona pantai yang sangat indah. Dengan cara itulah, diharapkan omzet pengunjung dapat lebih ditingkatkan dan dioptimalkan.

0 komentar:

Posting Komentar